Ketua majelis Dikdasmen PWM D.I. Yogyakarta Achmad Muhamad, M.Ag. mengucapkan selamat kepada wakil kepala sekolah bidang, bendahara dan kepala tata usaha yang baru dilantik untuk 5 (lima) SMK Muhammadiyah yang baru dilantik, ke 5 (lima) SMK Muhammadiyah tersebut yakni SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah Sentolo, SMK Muhammadiyah Ngawen, SMK Muhammadiyah Wonosari dan SMK Muhammadiyah Mlati.
Pelantikan dilaksanakan pada Selasa, 15 Maret 2022 dan bertempat aula gedung PWM D.I. Yogyakarta.
Majelis Dikdasmen PWM D.I. Yogyakarta selaku penyelenggara pelantikan tetap melaksanakan protokoler kesehatan selama proses penyelengaraan pelantikan. Hadir tamu dari perwakilan Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Sleman beserta 5 kepala sekolah yang wakilnya dilantik, para tamu tersebut sekaligus bertugas sebagai saksi pada penandatangan surat kerja untuk wakil kepala bidang, bendahara dan kepala tata usaha yang baru dilantik.
Dalam membuka sambutannya Achmad Muhamad, M.Ag. mengatakan kemampuan berkolaborasi menjadi kemampuan yang wajib dimiliki oleh pengurus sekolah/madrasah Muhammadiyah, pelaksanaan program sekolah/madrasah akan berjalan mudah jika para wakil kepala bidang bisa berkolaborasi dengan baik.
Achmad Muhamad, M.Ag. mengajak para pengurus sekolah/madrasah Muhammadiyah untuk selalu mengikuti visi pendidikan Muhammadiyah dalam menyusun RPJP sekolah/madrasah.
Ada 6 point penting dalam visi pendidikan Muhammadiyah yang telah di sosialisasikan oleh Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, yakni:
- Basis nilai-nilai abstrak standar kemuhammadiyahan sebagai karakter utama dalam pengurusan sekolah/madrasah Muhammadiyah, mengahadirkan pendidikan yang menggembirakan.
- Pendidikan yang holistik integrative, iklim pendidikan yang tidak mempisahkan aspek fisik, spiritual, sosial dan emosional.
- Meningkatakan lulusan yang berkemajuan, lulusan yang siap bersaing dalam kemajuan teknologi.
- Etos pembelajar sepanjang hayat, belajar bukan hanya pada pendidikan formal, melainkan juga pada setiap dinamika kehidupan untuk selalu melakukan perbaikan kearah yang lebih baik.
- Mampu menjawab kebutuhan zaman, membekali peserta didik dengan kebutuhan yang adaptif dengan perkembangan zaman, hingga akhirnya setiap peserta didik siap dan berguna untuk berkarya ditengah masyarakat setelah mereka lulus.
- Menyelanggarakan tata Kelola pendidikan yang unggul dan berdaya saing, sebuah upaya untuk selalu memajukan sekolah/madrasah dengan berdasarkan standar.
Berdasarakan 6 point diatas, Achmad Muhamad, M.Ag. berharap Muhammadiyah semakin mengokohkan visi untuk berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam hal ini pengembangan sekolah/madrasah Muhammadiyah.