Majelis Dikdasmen PWM D.I. Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan lokakarya dan klinik penyempurnaan Proposal Penelitian Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah/Madrasah (PTS/M) Muhammadiyah D.I. Yogyakarta, kegiatan tersebut di hadiri oleh 81 peserta undangan yang berasal dari beberapa guru dan kepala sekolah/madrasah Muhammadiyah D.I. Yogyakarta yang telah mengirimkan proposal ke pantia seleksi hibah PTK dan PTS/M Muhammadiyah D.I. Yogyakarta 2020. Acara ini di selenggarakan di LPMP D.I. Yogyakarta.

Lokakarya pendampingan penyempurnaan proposal Penelitian Tindakan Sekolah/Madrasah (PTS/M) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimaksudkan untuk berbagi (sharing) pengetahuan dan pengalaman dengan guru-guru peserta pendaftar dana hibah PTK dan PTS/M dalam rangka menyempurnakan proposal yang telah diajukan. Workshop penyempurnaan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah/Madrasah (PTS/M), sengaja diselenggarakan dalam agenda khusus dalam upaya optimalisasi penulisan penyempurnaan proposal dan sejenak berkonsentrasi memaksimalkan kompetensi penelitian. Workshop ini difasilitasi oleh tim dari Majelis Dikdasmen PWM DIY yang telah berpengalaman dalam proses penelitian. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai dari Jum’at 24 Januari 2020 sampai dengan 26 Januari 2020.

Materi yang diberikan memfokuskan pada pengembangan profesionalitas kepala sekolah dan guru dalam penelitian, khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah/Madrasah (PTS/M), sebagai dasar dalam menyusun karya ilmiah dan sekaligus sebagai bahan refleksi untuk kegiatan pembelajaran di kelas secara ilmiah. Materi yang disajikan diharapkan juga dapat menginspirasi dan memotivasi para kepala sekolah dan guru dalam menyelesaikan permasalahannya secara kolaboratif dan partisipatif yang secara continue berbenah dari permasalahan yang dihadapi dalam mengelola sekolah atau kelas. Lokakarya ini berorientasi kepada hasil dan sekaligus menekankan pada proses. Untuk itu, peserta akan terlibat aktif dalam penerapan-penerapan teori yang pada gilirannya akan menghasilkan karya. Setiap peserta diharapkan untuk mencermati proposal yang telah dibuat dari masing-masing isinya untuk direvisi dan dilakukan pengembangan sesuai masukan dan arahan dalam lokakarya.

Pada akhir lokakarya ini, seluruh peserta diharapkan telah memiliki pengalaman dalam penyusunan proposal PTK dan PTS/M sekaligus rencana pelaksanaan yang sistematis, efektif dan efisien. Harapan dari Majelis pelaksanaan di sekolah/kelas sesuai tema masing-masing dan berjalan sesuai tujuan serta target yang telah ditentukan.