Dikdasmen PNF DIY – Guna meningkatkan wawasan dan keterampilan siswa dalam bidang digital dan information technology (IT). SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Muga) mengadakan Workshop bertajuk “Editing dan Broadcasting itu Menyenangkan”. Kegiatan ini berlangsung pada Senin, (20-5-2024) di Ruang AVA Muga, hadir selaku narasumber Panji Wardana, Praktisi di bidang multimedia. Kegiatan workshop menggunakan metode presentasi, materi, dan praktik melakukan shooting dan broadcasting secara langsung.

Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Fitri Sari Sukmawati, M.Pd., menjelaskan dalam ajaran Tahun 2023/2024 SMA Muga membuka kelas peminatan khusus Seni Multimedia. “Kami melakukan pengembangan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Vokasi. Lewat kelas Seni Multimedia, para siswa tidak hanya mendapat wawasan yang bersifat kognitif, tetapi juga memiliki ilmu terapan di bidang digital dan IT,” terangnya saat dihubungi via WhatsApp. Selasa, (21-5-2024).

Selama proses pembelajaran ini, lanjut Fitri, SMA Moega memiliki beberapa program seperti SenMul Camp dan Workshop. “Dalam silabus dan modul yang dilaksanakan dalam kelas peminatan Seni Multimedia SMA Muga bersifat projek atau skill terapan. Sebelumnya, kegiatan SenMul Camp telah sukses dilaksanakan dengan menggandeng AMIKOM, Yogyakarta,” ujar Fitri.

Lebih lanjut, Fitri menegaskan bahwa luaran dari kelas peminatan ini adalah produk karya digital. Di mana, setiap siswa terbagi dalam kelompok dengan tema berbeda-beda. Setiap kelompok akan melakukan peliputan secara langsung ke Muga Mart, Ruang UKS, Perpustakaan dan Ruang Bimbingan Konseling.

Siswa kelas Seni Multimedia SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta praktik di lapangan (dok. smamuga)

Siswa kelas Seni Multimedia SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta praktik di lapangan (dok. smamuga)

“Selama workshop kami mengajak para siswa praktIk langsung. Mempraktekkan materi yang telah diberikan selama satu semester. Praktik di lapangan didampingi secara langsung oleh Bapak Panji. Supaya siswa lebih mudah dalam menangkap materi yang diberikan,” paparnya.

Selama kelas peminatan hadir Fitri melihat kemajuan yang sangat signifikan, banyak siswa SMA Muga yang tertarik dan memiliki fashion seni multimedia. Ia menyampaikan saat ini tidak kurang dari 20 siswa aktif mengikuti kelas Seni Multimedia. “Lewat kelas peminatan ini, semoga intuisi siswa mulai terasah dengan cepat dalam menyaring pengalaman dan semakin termotivasi untuk berinovasi. Lewat pengalaman praktik yang dilakukan dan menghasil karya sendiri, mampu menstimulasi siswa untuk menjadi generasi muda yang profesional,” harap Fitri. (guf)