Dikdasmen PNF DIY – Majelis Dikdasmen dan Pendidikan Nonformal PWM D.I. Yogyakarta menggelar pembinaan sekaligus agenda penerimaan progress report penerima beasiswa S2 Muhammadiyah DIY pada Senin (28/10/2024) di Aula PWM DIY.
Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DIY, Achmad Muhamad, M.Ag., Bendahara Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DIY, Drs. Sarjono, M.Si. Adapun agenda pembinaan disampaikan oleh Wakil Sekretaris PWM DIY, Dr. Farid Setiawan, S.Pd., M.Pd.I.
Achmad Muhamad, M.Ag., Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DIY, menekankan arti penting kontribusi para penerima beasiswa terhadap Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) khususnya sekolah.
“Hal ini menjadi penting untuk digarisbawahi mengingat beasiswa ini berbasis kader sehingga sejak awal mempertimbangkan kompetensi ideologis para penerimanya,” tutur Achmad Muhamad.
Adapun Dr. Farid Setiawan, S.Pd., M.Pd.I., Wakil Sekretaris PWM DIY, menyebutkan bahwa sejak awal beasiswa ini lahir karena perhatian terhadap banyaknya kader yang tidak terakselerasi. Maka dengan itu kemudian dirasa perlu untuk mengakselerasi kader di bidang pendidikan melalui mekanisme pemberian beasiswa S2.
“Sejak awal tujuan pemberian beasiswa ini agar setiap penerimanya dapat menambah kualifikasi keilmuannya, mengembangkan potensinya, dan di akhir tentu saja setelah penguatan kualifikasi dan potensi diharapkan dapat lahir calon pemimpin AUM dan Persyarikatan Muhammadiyah,” ungkap Farid Setiawan.
Lebih jauh lagi, Farid Setiawan membahas soal pentingnya growth mindset dalam mendukung kegiatan belajar di kampus maupun dalam mengelola institusi pendidikan Muhammadiyah. Wakil Sekretaris PWM DIY itu juga menampilkan beberapa problem yang dirasa dapat menghambat proses belajar para penerima beasiswa.
Sebelum penyampaian laporan progres studi mahasiswa beasiswa S2 kepada Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DIY, Farid Setiawan juga menyinggung beberapa hal yang dapat dilakukan oleh peserta dalam upaya untuk segera menyelesaikan studi, termasuk soal pelaksanaan riset dan penyusunan tesis. (sya)